Thursday, December 24, 2009

Alergi Kulit

Akhir2 ini  panas banget, bumi ini semakin panas... Kondisi seperti ini membuatku gerah dan akhirnya badanku gatal2... katanya sih aku alergi. Emangnya ada ya alergi karena kepanasan... ??? repot juga kalu seperti ini terus...

Waktu aku periksa ke dokter, katanya alergi seperti ini biasa dikenal sebagai dermatitis atopik. Ya... itu sejenis penyakit kulit yang bisa datang dan pergi kapan saja. Penyakit ini bahkan datang tidak hanya sekali, tapi bisa berkali-kali.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit dermatitis atopik. Di antaranya adalah kebersihan lingkungan, faktor genetik atau keturunan, alergi makanan; hingga alergi pada binatang peliharaan. Repotnya, kalangan medis hingga kini belum menemukan obat mujarab untuk mengobati penyakit ini. Seperti penyakit gatal pada umumnya, penyakit ini memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bila tidak diambil tindakan medis, radang kulit tersebut bisa meluas. Obat yang ada hanya untuk mencegah  agar area tidak meluas sehingga penyakitnya bisa hilang dengan sendirinya.

Waktu itu aku pakai Hidrocortison untuk mengurangi alergi ini.


No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...