Saturday, January 5, 2013

Komunikasi di Tempat Kerja

Suatu ketika aku mengalami salah komunikasi. Jadi saat itu aku masih berstatus karyawan baru di suatu instansi. Inginnya sh sebagai orang baru aku bisa cepat beradaptasi dan akrab dengan senior. Alhasil aku seringkali menyapa dengan ramah setiap orang yang aku temui di kantor, dan terkadang berkata-kata sok akrab dengan karyawn lain :D Memang responnya juga bagus. Tapi waktu itu pas lagi apes, aku kirim email ke pimpinan (mau memperkenalkan diri) pake kata-kata "Halo Pak... :)" Aku berpikir, apa sh yang salah dari kata-kataku itu... dibikin puyeng sendiri... beberapa kali aku tanya ke diriku sendiri...lagi... apa sh yang salah?
Huh... yaudah deh, anggap aja salah.... kata-kata itu, aku nggak bermaksud tidak sopan atau apa. Mungkin semangatku saat itu sedang berlebih, ditambah aku inginnya sh bersikap bersahabat dengan orang. Tapi ternyata responnya lain. Ternyata pimpinan kurang suka dengan sapaan itu.... Ya emang sh nggak bilang langsung ke aku, tapi lewat orang lain. Dan untung aja itu nggak bikin aku galau berkepanjangan... :D hehe... Okedeh biarkan saja waktu berlalu... dan petik apa yang bisa dipetik (hikmahnya)

"Terlalu semangat itu juga nggak bagus... simpan saja kelebihannya... buat cadangan besok... "

Dan sekarang kasusnya ada karyawan baru... Masih belum banyak makan asam garam di dunia kerja. Semangatnya jangan di tanya. Berapi-api :D. Dan ternyata dia mengalami hal yang kurang lebih sama denganku pas kirim email... cara berkomunikasi yang 'bersahabat' atau  'gaul dikit' pake moticon2 juga... bisa jadi dianggap kurang sopan. Yah... yaampun ya... XD Tapi kita sudah tahu rule nya sekarang... jadi ikuti aja.

"Bersikaplah sopan dengan atasan... bawahan... (samping kanan atau kiri...) meskipun harus dengan cara yang berbeda"

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...