Thursday, November 26, 2015

Siapakah Jodohmu?



Kira-kira enakan mana?udah nikah atau belum nikah?
Mungkin tidak perlu ak jawab ya…
kan yang tanya aku masak ak juga yang harus jawab? :D

Aku masih ingat dulu sewaktu aku masih SMP…. Di masa itu udah ada temen ku yang pacaran. Masih terlalu dini ya untuk dibilang mereka pacaran seriusan. Tapi faktanya ada juga temenku yang dari SMP mereka pacaran berlanjut ke jenjang pernikahan. Mungkin udah 6 tahun-an lebih ya pacarannya. Herannya kok bisa betah gitu ya…

Sedangkan aku waktu itu belum begitu banyak dilirik orang kali ya makanya gak punya pacar. Hmmm tapi ak syukuri. Karena ak sempat melalui masa itu. Masa-masa sekolah, masa-masa gak punya pacar… karena sekarang aku bisa bandingin dengan masa sekarang saat aku udah menikah.

Dan dulu itu sempet aku merasakan gimana rasanya pergi kondangan sendirian (red:gak punya pacar) terus udah nyampe di tempat kondangan, dengerin backsound acara nikahan jadi kebawa suasana…. Melas… gitu rasanya hidup di dunia ini… Lihat temen yang lain bawa gandengan….(truck aja gandengan masak kamu enggak, gitu katanya) Jalan bareng cowok cewek gitu… aku cuma bisa melihat mereka dan berkata dalam hati… mungkin nanti aku juga seperti mereka.
Dan waktu terus berjalan setahun, dua tahun, tiga tahun… bertahun-tahun… sampai akhirnya tahun 2014 bulan Mei tanggal 27 aku menikah. Alhamdulillah

Dari situ aku bisa tau jawaban dari pertanyaanku dulu. Siapa jodohku?
Dulu aku mengira kalau yang namanya jodoh itu pasti ketika ketemu  ada perasaan deg-deg-an, panas dingin, gugup, dan salah tingkah itulah jodohku. Tertanya bukan itu
Dulu aku juga mengira disaat kita suka seseorang pada pandangan pertama, itulah jodohku. Dan ternyata bukan juga… (Nggak tau ya apakah ini berlaku untuk semua orang apa enggak, tapi itulah pengalamanku) Yang jelas jodoh masing-masing orang sudah digariskan oleh Alloh SWT

Saranku untuk sobat yang belum ketemu dengan jodohnya, yang masih pacaran itu belum tentu jadi jodohnya. Jadi pacaran itu sebenernya perlu nggak? Tergantung kita mengartikan pacaran itu seperti apa. Kalau kita memaknai pacaran sebagai cara untuk menghilangkan kesepian, mengisi hari-hari kita, terus suruh nganterin kita kemana kemana itu menurutku fungsi pacaran kurang tepat karena untuk itu semua kan ada keluarga atau teman-teman yang bisa menemani kita.

Terus kalau pacaran diartikan sebagai cara kita untuk berkasih sayang, cinta-cintaan, berdua-duan itu jadinya kurang pas untuk kamu yang muslim terutama, kan udah dibilangin kalau berdua-duaan sama lawan jenis itu yang ketiganya syaitan…. Habis tu ntr kalian cuma menghabiskan waktu kalian dengan telpon2an, cemburu-cemburuan, ngambek-ngambekan, udah gitu putus! Balikan putus lagi!

Kalau menurutku pacaran itu akan berguna ketika kita udah siap untuk menikah. Dan kalau bisa jangka waktu pacarannya itu jangan lama-lama. Mungkin 3 bulan, atau setahun aja lah kalau misalnya LDR untuk lebih mengenal siapa keluarganya, bagaimana karakternya dan siapa aja temennya. Dan disaat kita sekiranya nanti bisa menyayanginya dan menjalani hidup dengannya, saat itulah kita hrs menikah.

Saranku juga buat sobat yang belum menikah (belum ketemu jodohnya) tetaplah bersikap istikomah, bersabar dan jangan iri melihat orang yang lagi boncengan motor. Kan kamu juga bisa boncengan motor sama bapakmu atau sama ibumu kalau gk temen-temenmu. Seru jugakan pergi beli bakso sama mereka…

Dan bagi yang sudah menikah. Sama seperti aku. Semoga kita bisa berperan sebagai istri-ibu/suami/ayah yang ikhlas menjalani kewajibannya…. Lebih bisa mengalah daripada ingin menang sendiri… dan yang paling penting semoga bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Amin…

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...