Tuesday, August 2, 2011

Lebih dari sekedar "uang"

Pagi itu masih dalam suasana liburan setelah kelulusan. Banyak waktu luang yang aku punya, tapi justru membuatku merasa terkekang dengan banyaknya ide-ide dan rencana yang masih belum jelas. Saat itu waktuku lebih banyak kuisi untuk melamar kerjaan dan belum nemu tempat yang sekiranya pas untukku...selain juga menyempatkan diri mengunjungi perpustakaan daerah di Bantul.

Perpustakaan itu cukup hidup dengan pengunjung-pengunjungnya. Meskipun ruangan tidak terlalu luas, cukuplah untuk memberi kenyamanan membaca. Karena suasana yang sejuk dan dari dalam bisa melihat pohon-pohon rindang melalui kaca-kaca jendela.

Pohon-pohon itu rindang sekali... Hingga mampu merefreshkan kembali kepenatan yang ada dlm pikiranku. Terkadang terlintas inspirasi karena kesejukan memandangnya...
Satu kalimat yang tiba-tiba muncul waktu itu,
Lihatlah dunia dengan santai dan kreatif...
                                          by shutrwin @perpusda Bantul
Alhamdulillah, puji syukur pada Mu Ya Tuhanku... terima kasih atas perasaan damai dihatiku...

###

Kamis, 24 Februari 2011
Ada pelajaran berharga hari itu... Ketika aku sedang berada dalam perjalanan menuju PERPUSDA Bantul. Aku kenalan dengan seorang bernama Tri, rumahnya Sanden. Secara kebetulan kami bertemu di dalam bus. Dia mau pergi ke tempat kakaknya di daerah Wonosari. Ngobrol-ngobrol ternyata dia lulusan UNY. Aku lupa menanyakan jurusan beliau apa, tapi katanya sekarang beliau bekerja di sebuah koperasi pertanian. Meskipun gajinya tidak seberapa, katanya Bu Tri senang bekerja di sana. Bisa membantu petani khususnya petani kecil.

Menurut ceritanya, ternyata Bu Tri menyukai kegiatan yang berbaur dengan alam. Meskipun usianya bukan remaja lagi, dia masih aktif dalam kegiatan sosial. Ketika erupsi merapi th lalu ( Oktober 2010) beliau dan teman-temannya juga ikut menggalang dana dan memberi bantuan kepada korban merapi. Katanya lagi, orang yang suka berbaur dengan alam biasanya akan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan bisa membawa diri dengan berbagai karakter orang, sehingga lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Sebuah kata-kata yang menarik yang aku dapatkan dari beliau adalah tentang pemaknaan rizki.
Rezeki itu tidak selalu harus berwujud materi atau uang. Yang terkadang lupa kita syukuri adalah rezeki sehat, sahabat, lingkungan yang baik, pikiran dan hati yang positif dan ketenangan jiwa yang membuat diri menjadi damai
 That's right, its good statement Bu Tri...

KEKAYAAN ITU LEBIH LUAS
DARIPADA HANYA UANG.


Pernyataan di bawah ini aku kutip dari Pak Mario Teguh

Kekayaan yang utama adalah iman;
baru kemudian kesehatan, kedamaian,
keluarga yang bahagia, nama baik,
dan peran yang bernilai bagi sesama.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...