Thursday, January 12, 2012

Etika VS Estetika

Etika... Estetika... satu lagi Logika... 3 hal yang 'matching' apabila diucapkan. Menurut pendapat teman di status facebooknya, etika...estetika dan logika... adalah hal yang mendasar dalam diri manusia...

Aku pikir-pikir bisa jadi begitu. Karena dengan kombinasi ketiganya manusia menjadi lebih mulia dibanding dengan ciptaan Tuhan yang lainnya, dan seharusnya memang begitu bukan? Manusia diberikan cipta, rasa, dan karsa oleh Tuhan (inget pelajaran jaman kapan ya? :D)

Etika--->Rasa--->perasaan
Estetika--->Karsa--->kehendak untuk berkreatifitas dan mengekspresikan diri
Logika--->Cipta--->pikiran

Etika VS Estetika...
Dua hal yang kelihatannya sulit untuk menyatu...
Bagaimana tidak, 
Apa-apa katanya 'seni'
Melenceng dibilang 'seni'
Pakaian nggak sopan juga dibilangnya 'seni'

Sudut pandang setiap orang memanglah tidak selalu sama...
Mungkin aku bilang begini setelah aku sadar diri... ya sekarang ini... setelah melewati masa-masa remaja yang  inginnya selalu bebas mengekspresikan diri... dan pengalamanlah yang mendewasakanku...



Dulu, seni menurutku adalah hal yang beda. Beda dan indah dipandang mata! Masa-masa SMA mengingatkanku tentang kebebasan mengekspresikan diri... dari model rambut yang dulu pernah aku potong pendek banget, menurutku sh keren waktu itu... Tapi ortuku bilang jelek kalo dibandingkan dengan model rambut panjangku skrng. Bebas memilih pakaian yang waktu itu aku lebih suka untuk memakai kaos2 ukuran pas (hampir mepet) dan menurutku terlihat lebih fresh dan cantik... Ya menurutku sh itu belum seberapa kalau dibandingin sama temen2ku yang laen...

Temen2ku dulu lebih ekspresif dari aku, dan aku bangga sama mereka hehehe... Ya entahlah ya, itu perasaanku dulu... model rambut dicat wana putih agak cream dan stylenya yang acak2an terlihat sangat keren waktu itu...

Tapi mungkin sekarang pandanganku lain, meskipun mengekspresikan diri itu perlu tapi ak lebih cenderung ke hal-hal yang sifatnya tidak terlalu mencolok sekarang ini... hmmm, contohnya apa coba (km tanya?) ya mungkin dengan melakukan hobi masing-masing... kalo aku mungkin dengan menulis, mencoba resep-resep makanan, membuat kerajinan tangan, dan aktifitas aktifitas lain yang sekiranya lebih bermanfaat. Itu jauh lebih bernilai seni. Selain menguntungkan diri sendiri dan juga bisa berekspresi diri... aku rasa kegiatan2 positif juga bisa memberi manfaat bagi orang lain...

"Etika VS Etika...
Dua hal yang kelihatannya sulit menyatu padahal merupakan satu kesatuan..."

Seandainya keduanya bisa balance tentu saja lebih baik... ditambah satu hal lagi... logika... Itu akan terlihat sempurna mungkin...

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...