Wednesday, June 29, 2011

Tiga Orang Artist

Asslmualaikum teman-teman. Ini ada cerita tentang seni menyanjung yang aku kutip dari buku yang berjudul Kisah-kisah kebijaksanaan China klasik. Simak yuk...

Judulnya...
Tiga Orang Artist
Ada seorang raja yang mata kanannya buta dan kaki kirinya pincang. Pada suatu hari dia memanggil artist untuk melukis dirinya.

Sang artis melukis raja seperti seorang pejuang yang hebat. Matanya bercahaya dan bersinar, kakinya berotot seperti atlet. Namun raja tidak senang dengan karyanya.
"Kamu pembohong, ini bukan saya." Dia memerintahkan para tentaranya untuk menangkap artist ini dan melemparkannya ke dalam penjara.

Artist kedua dipanggil. Setelah mengetahui apa yang terjadi sebelumnya, artist ini melukis sang raja persis seperti apa adanya. Namun raja juga tidak senang.
"Seni macam apa ini?" Raja bertanya kepada artist itu dengan marahnya dan menginginkan dia penjara juga.

Artis ketiga datang dan melihat raja dengan seksama. Dalam lukisannya, raja digambarkan sedang mengenakan pakaian berburu. Dia sedang menembak dengan posisi berlutut, kaki kanannya ditekuk dan kaki kirinya menopang pangkal senapan yang sedang dipegangnya. Hanya mata kirinya yang terbuka, karena ia sedang membidik seekor serigala di kejauhan.

Raja sangat puas. Dia menghargai artist itu sekantong emas da memujinya sebagai artist teraik di negaranya.
Silakan berkomentar ya...

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...