Wednesday, July 13, 2011

Orang-orangan Sawah

Cerita ini aku dapat dari buku Kisah-kisah kebijaksanaan China klasik judulnya Orang-Orangan Sawah. Inti dari cerita ini adalah... bahwa pengalaman itu tidak selalu menjadi guru yang terbaik. Oopst, apa iya...? Maksud aku, mereka yang hanya mengandalkan pengalaman tanpa mengkaji pengalaman tersebut bisa jadi akan celaka. Seperti cerita berikut ini... OK, listen please,,,, :-)

###
Pemilik kolam ikan terganggu oleh burung air yang memakan ikannya. Ditengah-tengah kolam dia menempatkan orang-orangan sawah, ditutupi dengan jas hujan yang terbuat dari jerami dan dengan topi dari bambu yang besar.

Pada awalnya, semua burung terbang menjauh karena ketakutan. Untuk waktu yang cukup lama mereka (burung-burung itu) tidak berani turun ke kolam. Tetapi setelah mengamati dengan cermat bentuk orang-orangan itu, mereka mulai memakan ikan seperti biasa. Kadang-kadang bahkan mereka hinggap di orang-orangan sawah itu untuk beristirahat setelah makan ikan.

Melihat hal itu, tentu saja pemilik kolam menjadi geram. Akhirnya pemilik kolam itu menyingkirkan orang-orangan sawahnya dan berdiri sendiri menggantikan orang-orangan sawahnya dengan mengenakan jas hujan dan topi bambu persis seperti orang-orangan itu. 

Ketika burung itu datang ke kolam, dia menangkap beberapa dari mereka di tangannya. Karena tidak menyangka akan tertangkap, burung-burung itu hanya bisa mengepakkan sayapnya dengan sia-sia.

###
Begitulah ceritanya...
Burung-burung itu tdak menyangka kalau ternyata orang-orangan sawah itu sudah digantikan perannya oleh pemilik kolam. Mereka hanya mengandalkan pengalaman masa lalu yang membahayakan diri mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...