Wednesday, October 14, 2009

Menghadapi Masalah

Saat ku menulis ini tak ada masalah cukup berarti yang sedang aku hadapi. Indah kurasakan kedamaian saat ini. Di luar ku lihat langit mendung di bulan Oktober.

Sob, kali ini aku ingin menulis tentang "Cara Menghadapi Masalah." Cara supaya aku nggak panik lagi kalau menghadapi masalah. Ya... aku benar2 ingin menghilangkan sikap panik-ku itu... panik yang membuatku nggak tenang dan membuat gaduh suasana hati-ku.

Tidak dapat dipungkiri, hidup ini memang tak luput dari persoalan. Mulai dari hal-hal kecil sampai masalah yang kompleks. Namun ada saatnya kita mesti rilex sejenak merasakan hawa segar agar masalah yang kita hadapi tidak membuat kita stress...sss.

Semasa kecil dulu, mungkin kita merasa hidup ini seperti tak punya beban masalah. Yang kita tahu waktu itu hanyalah bermain... bersenang-senang... minta ini... minta itu... Ingin rasanya merasakan hidup ala anak kecil :)
ingin kembali ke masa lalu. Tapi waktu terus berjalan... Semakin dewasa aku sadar bahwa hidup ini memang tidak sekedar untuk bersenang-senang... Kata orang, hidup ini adalah ujian... Mampukah kita melaluinya? Ada lagi yang mengatakan kalau hidup ini seperti panggung sandiwara... Sanggupkah kita memainkan peran??? Mau pilih peran apakah kita? Peran baikkah? atau peran jahat? Itu adalah pilihan.

Masalah yang ada harus segera diatasi (lihat prioritas masalahnya juga), karena masalah tidak akan selesai tanpa adanya tindakan. Bisa-bisa masalah akan tambah banyak dan akhirnya merepotkan diri sendiri atau bahkan orang lain. Aku mencoba membuat catatan tentang cara mengatasi masalah seperti ini :

1. Jangan katakan, "Aduh... Bagaimana ini... apa yang harus aku lakukan???"
 Kata-kata itu mungkin sering diucapkan oleh orang yang sedang panik, termasuk aku dulu saat panik.

2. Berpikir tenang
 Diam sejenak untuk mendapatkan ide (dua detik mungkin ) Pikirkan langkah yang harus dilakukan.

3. Bertindak dan jangan takut salah
 Lakukan sesuatu! Jangan takut melakukan kesalahan ( bukan berarti juga suka dan sering melakukan kesalahan ). Kita bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang kita lakukan ( supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk yang kedua kalinya)

4. Tegas
 Nah ini... kata temenku aku t kurang tegas dalam mengambil sikap. Hueeh... aku juga nggak suka sikap nggak tegas t... tapi kadang aku malah bersikap nggak tegas, jd sebel m diri sndiri... Yah!!!! Tapi mulai saat ini aku ingin mengubah sikapku itu. Aku harus ingat kalau "Tegas itu bukan berarti bertindak keras..."

5. Jangan lari dari masalah
 Dengan punya masalah hidup akan terasa lebih hidup... lebih dinamis... jadi hadapi masalah dengan bijak. Masalah akan mendewasakan pola pikir kita.

6. Minta nasehat teman
 Lebih baik kita curhat tentang masalah yang kita hadapi ke teman atau orang tua atau siapalah itu... yang kita anggap care dengan kita. Biasanya orang yang punya masalah - jalan pikirannya seakan buntu... nggak ada ide... Nah dengan sharing ke orang lain mungkin mereka punya sudut pandang yang berbeda dalam memandang masalah, dan siapa tahu mereka dapat meringankan masalah yang kita hadapi... :D

7. Yakin bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya... yang terpenting adalah usaha optimal dan do'a yang tulus...

Nah Sob, kamu punya trik khusus nggak buat ngatasin masalah kamu???Kasih tau dnxxx...

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...