Friday, October 16, 2009

Teologi apaan sih?

Sepertinya aku pernah dengar kata itu... pikirku waktu seseorang  menyebut kata teologi. Namanya Tyas... aku kenal dengannya belum lama ini. Dia kuliah jurusan teologi di STAK Marturia. Awalnya aku nggak tahu kalau dia non muslem...hhehhe... pantesan waktu aku tanya masjid mana yang deket dari kostnya dia kebingungan nggak tahu. Yang aku tau Tyas enak diajak ngobrol... ya... waktu itu kami ngomongin tentang teologi... aku  antusias sekali waktu itu... Katanya teologi itu mempelajari tentang pengetahuan agama... dia juga mengkaji agama islam juga karena katanya teologi juga mempelajari ajaran islam. Emm...

Sekarang aku mau tanya mbak Wiki (Wikipedia Ensiklopedia Bebas favoritku ;) wkkee) apa sih teologi??

Teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan. Para teolog berupaya menggunakan analisis dan argumen-argumen rasional untuk mendiskusikan, menafsirkan dan mengajar dalam salah satu bidang dari topik-topik agama. Teologi dapat dipelajari sekadar untuk menolong sang teolog untuk lebih memahami tradisi keagamaannya sendiri ataupun tradisi keagamaan lainnya, atau untuk menolong membuat perbandingan antara berbagai tradisi atau dengan maksud untuk melestarikan atau memperbarui suatu tradisi tertentu, atau untuk menolong penyebaran suatu tradisi, atau menerapkan sumber-sumber dari suatu tradisi dalam suatu situasi atau kebutuhan masa kini, atau untuk berbagai alasan lainnya.  

Teologi merupakan ilmu  mengenai Tuhan ataupun secara meluasnya berkaitan dengan agama, kepercayaan dan kerohanian. Perkataan ini berasal daripada perkataan bahasa Greek (Bahasa Yunani) iaitu θεός, theos (Tuhan) dan λόγος, logos (kata).
Alhi teologi menggunakan analisis serta taakulan (falsafah, etnografi dan sejarah) untuk mengkaji, menerangkan atau memberi pandangan terhadap isu-isu berkaitan dengan keagamaan. Dahulunya kajian ini hanya terhad kepada agama Kristian tetapi kini telah diperluas kepada agama dan kepercayaan lain, meskipun dalam sedikit kontroversi.

Lumayan mudeng...











No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...