Monday, March 22, 2010

Amalan-amalan ketika sedang haid

Setelah mengetahui larangan-larangan saat haid di postingan yang lalu, sekarang akan dibahas mengenai amalan-amalan ketika seorang wanita sedang haid. Haid bukanlah suatu alasan untuk tidak melakukan amalan ibadah dan  bukan berarti seorang wanita kehilangan kesempatan untuk beribadah. Banyak amalan ibadah yang dapat dilakukan ketika sedang haid. Namun biasanya seorang wanita yang sedang haid mengalami penurunan semangat untuk beribadah, mungkin disebabkan karena rasa nyeri atau sakit saat datang bulan.  Sebaiknya kita harus tetap semangat meskipun sedang haid sekaligus melakukan amalan ibadah. Berikut ini contoh amalan yang dapat dilakukan ketika sedang haid :

1.    Memperbanyak dzikir kepada Alloh
        Dzikir menurut bahasa artinya ingat. Berdzikir berarti mengingat Alloh, baik dilakukan dalam hati,            ucapan maupun tindakan yang mensucikan dan memuliakan Alloh.
-    Dzikir dengan hati yaitu selalu mengingat Alloh dalam hati (merenungkan keagungan-Nya)
-    Dzikir dengan ucapan / lidah artinya dzikir menyebut nama Alloh secara lisan dengan mengucapkan perkataan yang bermanfaat, membaca Al-Qur’an dan ayat-ayat         Alloh, berdoa mengucap takbir tahlil tahmid dsb.
-    Dzikir dengan anggota badan yaitu dengan mengerjakan kebaikan/perbuatan yang diridhoi Alloh seperti pergi mengaji ke masjid, menolong sesame dsb.

2.    Menghadiri majelis ta’lim
3.    Membaca buku2 agama/religi
4.    Mengisi waktu dengan melakukan hal yang bermanfaat

Terus, bagaimana dengan membaca Alqur’an… baca disini aja.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...