Sunday, March 21, 2010

Workshop Dasar KHA dan Landasan Forum Anak Kab Bantul

Hari Minggu tanggal 21 Maret kemaren aku mengikuti sebuah workshop tentang “Dasar KHA dan Landasan Forum Anak Kabupaten Bantul” di balai desa Wijirejo. Workshop yang menyenangkan meskipun pada awalnya aku mengira akan biasa-biasa saja. Banyak pelajaran baru yang saya dapatkan dari acara yang berlangsung selama sehari tersebut, jadi tau tentang hak-hak anak… mengapa perlu dibentuk forum anak dan pengalaman bertemu dengan teman-teman baru.
Ehm ya ngomong-ngomong udah pada tau belum tentang KHA. Itu…  konvensi hak anak. Kayaknya udah pada tau deh :D Besok aja ah posting tentang KHA-nya, sekarang mau cerita dulu. Cerita yang kudapat kemaren sewaktu workshop mumpung masih ingat.

Sebuah cerita...

Mungkin, temen2 udah pernah dengar cerita berikut.  Cerita “Gadis dan Kue-kue”, itu judulnya. Ini cerita yang ku dapat dari workshop KHA, menurut versiku sendiri aja yang masih kuingat. Begini ceritanya… udah… baguskan ceritanya… haha belum dimulai kali…

Di sebuah bandara, seorang gadis sedang menanti penerbangannya. Suasana di bandara itu terlihat sangat ramai dan orang-orang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Untuk menghindari kebosanan gadis yang hanya seorang diri di bandara tersebut memutuskan untuk membeli sebuah buku dan sebungkus kue. Gadis itu lalu duduk di sebuah kursi panjang yang ada di bandara, membolak-balik buku dan membacanya. Tak lama setelah itu datanglah seorang laki-laki muda yang duduk di sampingnya. Laki-laki itu juga melakukan hal yang sama seperti gadis itu, baca buku.

Sembari membaca bukunya gadis tersebut menikmati roti yang ada di dekatnya. Dia ambil satu roti dan melanjutkan membaca. Hal yang sama juga dilakukan oleh laki-laki yang berada di sampingnya. Dengan perasaan yang heran gadis tersebut berpikir dalam hatinya… “Kurang ajar sekali laki-laki ini, dengan santainya makan roti punya orang lain tanpa minta izin” begitulah gerutu gadis itu. Lalu gadis tersebut berniat untuk melupakan hal itu, dan meneruskan membaca. Selang beberapa waktu gadis tersebut mulai mengambil lagi sepotong roti itu. Tanpa ragu laki-laki yang berada disampingnya juga melakukan hal yang sama. Begitulah seterusnya sampai pada akhirnya hanya tersisa sepotong roti.

Gadis tersebut berpikir dalam hatinya, “ Sekarang rotinya tinggal sepotong, aku ingin lihat apakah laki-laki tersebut masih berani mengambilnya…” Benar… ternyata laki-laki tersebut mengambil roti itu.          “ Wah bener-bener keterlaluan ne anak…”, gerutu gadis itu dalam hati. Laki-laki tersebut mengambil roti kemudian dibagi dua… yang sebagian ia makan dan sebagian lagi ia kasih ke gadis yang berada di dekatnya. “ Apa?? Dengan santainya orang ini membagi roti untukku?? Nyadar nggak sih???” begitulah pikiran gadis itu. Karena sangat kesal gadis tersebut meninggalkan kursi dan bergegas untuk pergi…
Setelah sampai di tempat boarding gadis itu segera menuju ke seatnya dan mencoba melupakan kejadian yang dialaminya dengan tetap melanjutkan membaca buku. Setelah menyelesaikan buku bacaanya dia memasukkannya ke dalam tas. Betapa terkejutnya gadis itu ketika di dalam tasnya ia menemukan bungkusan roti yang masih utuh. Ia merasa menyesal tentang apa-apa yang telah ia pikirkan tentang laki-laki itu. Tapi sekarang laki-laki itu telah pergi dan mungkin entah kapan gadis itu bisa menemuinya lagi untuk yang kedua kalinya, untuk sekedar menerangkan kelalaiannya ataupun meminta maaf… 

Ya… begitulah ringkasan cerita yang masih kuingat.  Terkadang tanpa disadari hal-hal kecil semacam ini dapat saja dialami oleh siapapun karena kelalaian. Beberapa pelajaran yang mungkin dapat kita ambil dari kisah tersebut antara lain :
Ada 4 hal yang tidak dapat dikembalikan lagi di dunia ini
1.    Batu ...... Setelah iya di lontarkan
2.    Kata ...... setelah iya di ucapkan
3.    kesempatan ....... setelah dia hilang!!
4.    waktu .... setelah ia berlalu!!!
Sebelum semua hal tidak dapat di kembalikan, maka berhati-hatilah dalam berucap, bertingkah laku dan memanfaatkan waktu.

Oke...hhh... lihat cerita yang lainnya yuk!klik di sini

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...