Tuesday, March 16, 2010

Cerminan diri kita


Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Seorang muslim adalah cerminan dari saudaranya yang mukmin.”
Cerminan diri kita dapat dilihat dengan siapa kita bergaul, siapa teman kita. Kalau kita bersahabat dengan pejudi, maka kurang lebih diri kita seperti pejudi. Kalau kita bersahabat dengan orang yang rajin ibadah maka kurang lebih diri kita juga akan seperti itu. Tidak diragukan lagi, bahwa seorang teman akan membawa pengaruh yang besar terhadap diri kita. Teman bisa mempengaruhi tingkah laku, cara pandang hidup, kebiasaan hidup dan sifat seseorang.
Alloh telah menciptakan manusia (ruh) dengan sifat-sifat khusus. Diantara sifat-sifat ruh tersebut antara lain tidak mau berkumpul dengan yang lain jenis. Artinya manusia akan cenderung merasa nyaman ketika dia berkumpul dengan orang yang juga memiliki persamaan dengannya. Dalam hal ini bisa persamaan sifat ataupun nasib.  Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ruh-ruh itu bagaikan pasukan yang berkumpul (berkelompok). Oleh karena itu, jika mereka saling mengenal maka akan bersatu, dan jika tidak saling mengenal maka mereka akan berpisah.
Meskipun harus selektif dalam memilih teman ataupun sahabat, bukan berarti kita harus enggan bertegur sapa ( bersikap tidak baik ) terhadap orang-orang di sekitar kita. Kita harus tetap bersikap sopan dan menghargai sesama manusia, sehingga tercipta kerukunan dan kedamaian.
Berikut merupakan cerminan seseorang yang baik dijadikan sahabat (diambil dari bulletin jum’at At-Tauhid) :
1.       Benar aqidahnya
2.       Taat beribadah dan menjauhi perbuatan maksiat
3.       Berakhlaq dan bertutur ata baik
4.       Suka menasehati dalam kebaikan
5.       Zuhud dengan dunia dan menjauhkan diri dari mengejar ngejar kedudukan
6.       Senang menuntut ilmu atau dapat berbagi-bagi dengannya
7.       Berpakaian sopan (islami)
8.       Selalu menjaga kehormatan diri dari hal- hal yang tidak layak dimata masyarakat
9.       Tidak terlalu banyak bergurau ( meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat)

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...