Tuesday, July 19, 2011

Bicara bukan Membentak

Meskipun berbicara atau membentak sama-sama merupakan cara untuk berkomunikasi, namun ternyata bicara dan membentak memiliki efek yang jauh berbeda.

Dalam sebuah hubungan, intensitas bicara sangatlah penting. Karena sejauh ini berbicara menjadi semacam cara yang paling mudah bagi seseorang untuk menyampaikan pikiran dan perasaanya terhadap orang lain. Namun pada kondisi tertentu mungkin disaat capek atau emosi sedang labil seseorang cenderung untuk menaikkan nada bicara dan volume suaranya dengan berharap orang yang diajak bicara lebih mengerti dan memahami maksud pesan yang disampaikan. Akan tetapi, hal yang terjadi justru sebaliknya. Sebuah bentakan justru akan membuat suasana menjadi memanas dan masalah menjadi semakin rumit.

Ketika seseorang tanpa sadar meluapkan emosinya dengan membentak-bentak, mungkin sesaat kemudian akan tersadar dan menyesali perbuatannya. Meskipun bisa jadi penyesalan itu sudah terlambat karena bentakan itu sudah melukai lawan bicaranya.

Dalam hal yang kaitannya dengan marah berikut ada sebuah hadist. Dalam suatu hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Bukanlah orang kuat itu dengan menang bergulat, tetapi orang yang kuat ialah orang yang dapat menguasai dirinya ketika marah. (Shahih Muslim No.4723)
Semoga kita semua bisa lebih bersabar dengan suasana hati seperti apapun, disaat senang... disaat susah dan terlebih lagi disaat sedang marah... semoga tidak berlebihan, karena kita tau semua hal yang berlebihan itu tidak baik (kecuali kelebihan uang gpp kali y asal bisa memanage keuangannya juga). Disaat senang pun sebaiknya harus bersikap sewajarnya karena perasaan yang terlalu gembira bisa membutakan hati. Dan entah kenapa, setiap kali aku terlalu banyak bercanda, bersenda gurau dan tertawa sepertinya ada perasaan menyesal dalam hati ini. Mungkin hanya perasaanku saja. Tapi sungguh membuatku tidak nyaman...



Semoga kita menjadi orang yang kuat, yang bisa mengendalikan hawa nafsu dan amarah kita...dan semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang berjiwa besar...(amin)

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda...